Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat-alat yang harus dilengkapi untuk memulai usaha percetakan rumahan

Usaha percetakan merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan, karena hampir disetiap aspek pekerjaan dikehidupan manusia membutuhkan produk hasil dari karya cetak, seperti cetak dokumen, foto, blangko, brosur, nota, sticker, kartu undangan, kartu nama dan masih banyak lagi produk kreatif lainnya. Maka dari itu tentulah hal ini menjadi peluang yang sangat bagus untuk kalian yang ingin memulai sebuah usaha tapi masih bingung mau menekuni usaha apa, saya rasa usaha percetakan bisa menjadi salah satu pilihan.

Selain itu usaha percetakan rumahan tidak hanya bermanfaat bagi pribadi pengusahanya saja, karena ketika sudah benar-benar ditekuni dengan serius dan berkembang tentulah usaha ini tidak bisa lagi dikelola sendiri oleh pemilik usaha, maka akan terjadi perekrutan tenaga kerja baru yang menjadi hal yang sangat positif karena bisa membuka sebuah lapangan pekerjaan baru, tidak hanya itu jika kita membuka usaha percetakannya ditempat yang sebelumnya belum ada percetakan tentulah akan sangat membantu masyarakat sekitar untuk lebih mempermudah mencetak produk yang mereka butuhkan.

Tentu semua orang pasti ingin menjadi pengusaha yang sukses dan bermanfaat untuk banyak orang, tapi seperti usaha lainnya memulai usaha percetakan tentulah membutuhkan modal dan pengetahuan, modal materi jelas diperlukan begitu juga dengan pengetahuan hal ini menyangkut modal untuk peralatan dan pengetahuan untuk mengoperasikan peralatannya, seperti pertanyaan yang sering muncul untuk memulai usaha ini, salah satunya yaitu alat apa saja yang harus disiapkan, baiklah semoga artikel kali ini bisa menjawab pertanyaan tersebut, jadi peralatan yang dibutuhkan untuk memulai usaha percetakan rumahan berdasarkan yang penulis dapatkan selama ini adalah sebagai berikut :

Perangkat Inti Percetakan Rumahan :

1. Komputer atau Laptop


Penting sekali untuk memiliki Komputer atau Laptop, karena digunakan untuk mengolah desain yang akan dicetak dan juga untuk mengontrol beberapa perangkat cetak lainnya.

2. Printer


Peralatan ini tentunya alat yang wajib ada, karena menjadi peran utama dalam proses cetak.

3. Pemotong Kertas


Bisa juga menggunakan pisau cutter tapi akan lebih baik jika kita memiliki alat potong kertas yang professional, agar proses pemotongan bisa lebih cepat dan rapi.

4. Pemotong id card / kartu nama


Alat ini sangat wajib ada supaya kita bisa membuat id card/kartu nama lebih bagus dan lebih cepat, karena alat ini bisa memotong bahan kertas biasa sampai dengan bahan PVC Id Card dan membentuknya menjadi bentuk id card/kartu nama yang professional dan rapi.

5. Mesin laminasi


Mesin laminasi digunakan untuk melapisi kertas dengan plastik khusus laminasi agar hasil cetak pada kertas bisa awet dan tidak luntur jika terkena air, produk yang biasa dilaminasi adalah foto, dokumen penting dan undangan pernikahan. Sedangkan untuk bahan PVC Id Card, mesin laminasi berguna untuk merekatkan kertas cetak id cardnya dengan plastik pvc.

6. Mesin Pemotong Sticker


Untuk memotong dengan bentuk tertentu alat ini wajib digunakan, karena untuk hasil potong yang     rapi dan professional.
 
Selain perangkat inti tersebut perlu juga dilengkapi alat-alat penunjang, sebagai berikut :

1. Mesin Scanner

   

Apabila printer yang kita miliki belum dilengkapi dengan scanner ada baiknya untuk melengkapi alat yang satu ini, karena biasa juga digunakan untuk scan dokumen dan foto, jika printer sudah dilengkapi scanner atau multifungsi berarti juga sudah bisa terima pelanggan yang mau photocopy dan tidak harus melengkapi scanner tambahan.

2. Smartphone


Dizaman yang serba canggi alat yang satu ini akan sangat berperan penting disetiap jenis usaha, untuk usaha percetakan smartphone memiliki beberapa fungsi penting, sebagai berikut :
> Alat Komunikasi dengan konsumen terkait orderan
> Alat Promosi ke media sosial
> Alat untuk transfer dokumen dan foto
> Bisa berfungsi sebagai kamera jika ada yang mau buat pas foto.

3. Dvd External

  
Dirasa penting apabila komputer atau laptop tidak memiliki dvd internal, karena alat ini biasa digunakan untuk mengambil data berupa dokumen atau foto yang ada di dalam cd atau dvd.

4. Flashdisk


Untuk mempermudah transfer dokumen dan foto dari laptop pelanggan.

5. Modem

  
Tentu untuk lebih mempermudah dalam hal promosi, mencari berbagai referensi desain, transfer data dan alat komunikasi data kita membutuhkan koneksi internet.

Untuk memulai usaha percetakan beberapa peralatan diatas setidaknya harus kita lengkapi supaya bisa menjalankan usaha dengan baik dan siap menerima orderan. Demikianlah artikel kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa diartikel selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Alat-alat yang harus dilengkapi untuk memulai usaha percetakan rumahan"

Berlangganan via Email